Selasa, 06 Januari 2009

Teknik Melakukan Tune up pada Popper


tune-up pada popperSebagai langkah awal sebelum melakukan tune-up pada popper, sebaiknya sediakanlah air laut secukupnya dan tampung dalam wadahberupa ember atau yang lainnya sesuai dengan panjang popper. Kegunaan air laut ini hanya sebagai mediasi untuk mengetahui dn mengukur tingkat kestabilan dari popper yang akan di tune-up, dengan cara memasukkan / menjatuhkan popper kedalam air laut yang ada di wadah tersebut. Selanjutnya pastikan kedudukan popper dalam kondisi normal (layak pakai) dengan posisi tegak lurus sebatas leher popper, seperti pada gambar no.1 Namun bila kondisi popper seperti terlihat pada gambar nomor 1 da 3, berarti popper tidak normal dan harus dilakukan penyetelan ulang, dengan cara sebagai berikut:

Cara 1
Mengurangi / menambah berat popper type Chuger.

Apabila posisi kepala atau mulut popper berada di permukaan air (tenggelam) seperti pada gamba 2, penyetelan dilakukan dengan mengurangi atau menambah pemberat (stabilizer) dengan cara : potonglah kawat yang terdapat dibagian ekor, lalu keluarkan timahnya dan kurangi atau tambahkan beratnya. Bila telah usai rangkai kembali dengan menggnakan kawat stainless stell 1,4 mm.

Cara 2
Mengganti ukuran mata kail

Jika didapati stabilizer kurang beratnya, gunakanlah mata kail cabang tiga yang lebih besar ukurannya misalnya : bila semula menggunkan ukuran 03, cobalah ganti dengan npmor 05. begitu sebaliknya jika stabilizer terlalu berat, gantilah mata kail yang berukuran lebih kecil misalnya: semula ukuran 05, cobalah ganti dengan ukuran nomor 04.

Cara 3
Mengurangi mata kail

Jika stabilizer terlalu berat, lepaskanlah kail ynag berada dibagian dada/badan, gunakanlah hanya satu kail dibagian ekor saja. Khusus untuk popper type pensil, aksi yang baik adalah: pada saat popper ditarik dengan cepat posisi mulut popper kadang terangkat dari permukaan air, sedang bagian badannya berada dibawah permukaan. Karena itu percikan yang timbul saat popper menabrak jauh lebih kecil dibandingkan dengan type chuger. Sedang yang harus diperhatikan pada popper jenis pensil ialah, jika stabilizernya terlalu berat posisi mulut akan selalu dibawah permukaan air, namun jika terlalu ringan maka badan popper akan terangkat hingga ke permukaan.

Sumber : iftfishing.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar