Selasa, 06 Januari 2009

Teknik Jigging


teknik mancing jigging






Jigging, adalah teknik mancing menggunakan jigs. Pada dasarnya ada dua tipe: lead-head jig dan metal jig (metal jig sering disebut squid jig, iron jig). Lead-head jig I think is 'made-in USA' karena ini awalnya digunakan untuk bass fishing di air tawar di US, sebelum populer juga di laut. Lead head jig adalah mata pancing panjang biasa yang ujungnya (eye) dibalut atau di 'tempel' timah sebagai pemberat. Biasanya mata pancingnya di beri umpan buatan (paling populer cacing plastik, bucktail, maribou, nylon hair, etc.). Teknik mancing dengan lead head jigs adalah casting & retrieving seperti bass-fishing, walaupun kadang kadang digunakan juga untuk bottom fishing di air laut.

Metal jig awalnya digunakan oleh nelayan Norwegia disekitar lautan utara untuk mencari giant cod jaman dulu. Model jig dari norwegia adalah diamond shaped dan sampai sekarang populer disebut 'viking jig'. Beratnya dari 2 oz sampai 40 oz (1 kg). Banyak sekali variasi metal jig yang digunakan sekarang, tapi pada dasarnya metal jig adalah bongkahan timah/besi dibentuk ukuran & model tertentu (seperti diamond, cumi, ikan kecil, potongan ikan, etc.) dengan diberi warna & variasi tertentu ditambah mata pancing single atau double atau treble. Ada juga metal jig yang dikombinasi dengan bucktail atau bulu ayam di mata pancingnya.

Tergantung target ikan yang dicari, metal jig dapat digunakan untuk 'bouncing bottom': jig diturunkan sampai ke dasar dan joran dinaik-turunkan menciptakan awan kecil karena dasar laut sedikit diacak, mengundang predator. Teknik lain adalah yo-yoing: jig diturunkan kedasar kemudian joran di naik-turunkan, lalu kenur digulung sedikit joran digoyang lagi, terus diulang untuk mengcover kedalaman dari dasar laut sampai permukaan. Sekali dapat strike biasanya target kedalaman sudah bisa dipersempit. Teknik jigging yang paling berat adalah teknik 'umpan panik', dimana jig diturunkan kedasar sambil di setop beberapa kali untuk menciptakan kesan 'injured baitfish'. Sampai dasar reel digulung secepat cepatnya, sambil jerking gagang joran untuk menciptakan kesan 'frantic injured baitfish'. Sounds simple, tapi teknik ini memerlukan stamina yang luar biasa. Sekali coba biasanya ada dua kemungkinan: kapok atau jadi jigging-nuts!

Kenapa pakai metal jig tidak umpan segar atau umpan hidup? Karena hampir semua ikan yang didapat dengan menggunakan metal jig ukurannya jauh lebih besar dibanding jenis ikan yang sama didapat dengan umpan segar.

sumber: iftfishing.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar