Selasa, 06 Januari 2009

Teknik Mancing Di Laut


Kondisi laut saat ini mulai memungkinkan untuk pergi memancing. Beberapa teknik mancing di laut, mulai dari teknik mancing dasar (bottom), koncer, casting, trolling, popping, hingga jigging. Berikut akan di jabarkan sedikit bagaimana memancing dilaut menggunakan rangkaian senar pancing.

Mancing Dasar (bottom) dan mancing pinggiran.

Mancing dengan menggunakan teknik mancing dasar (bottom) merupakan teknik mancing yang paling mudah untuk mancing di laut. Anda tinggal membuat rangkaian pancing dasar dan memasang umpan alami yang digunakan seperti udang hidup/mati/kupas, cumi irisan.utuh, ikan-ikan umpan (seperti tembang, selar, belanak, dan lainnya) potongan/utuh dan masih banyak lagi umpan alami lainnya.

Gunakan piranti mancing yang harus disesuaikan dengan target ikan akan ditangkap. Seperti halnya mancing ikan dipinggiran laut, yang akan ditangkap. Seperti misalnya saat mancing di pinggiran laut, perkiraan maksimal yang bisa ditangkap maksimal 3 kilogram. Bisa menggunakan senar berukuran 4 hingga 8 lbs dengan pancing nomor 5 hingga 7.

Namun jika ikan target diperkirakan berukuran lebih dari 5 kilo bahkan berukuran lebih besar lagi, siapkan saja piranti mancing anda dengan ukuran yang llebih besar lagi.
teknik mancing
teknik mancing
teknik mancing
teknik mancing

Mancing Koncerteknik mancing
Mancing dengan menggunakan umpan hidup seperti tembang, selar, belanak, dan lainnya dalam keadaan hidup dan ditancapkan pada pancing. Teknik bertujuan agar umpan dapat bergerak leluasa mengikuti arus hingga menarik perhatian ikan target.

Set ukuran drag ril anda agar kendur, hal ini untuk mengantisipasi senar tegang secara tiba-tiba apabila ikan ukuran besar menyambar umpan. Hentikan sedikait joran anda agar pancing yang menancap dimulut ikan terjad hook-up yang sempurna.

Mancing Kastingteknik mancing
Teknik ini menggunakan umpan buatan seperti lure, minnow dan sebagainya yang membutuhkan lider 6 – 12 lbs atau sesuai kebutuhan yang diikat langsung pada umpan buatan baik menggunakan kili-kili, snap (peniti) bahkan tanpa sama sekali.

Lemparkan umpan buatan anda ke titik dimana ikan berada, gulung senar secara perlahan, buatlah semacam irama tarikan senar agar uman terlihat berenang dan bisa menarik perhatian ikan sasaran.

Mancing Trollingteknik mancing
Teknik ini adalah umpan yang digunakan (baik umpan alami maupun umpan buatan) dipasangkan pada kapal/perahu yang berjalan, hanya saja senar atau kawat neklin yang digunakan disesuaikan dengan ikan target.

Lider dan ikatan yang digunakan pada umpan berbeda-beda sesuai dengan umpan yang digunaan baik pada umpan buatan maupun umpan jahit pada umpan alami seperti ikan tongkol, golok-golok / parang-pang dan lainnya.


sumber : iftfishing.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar